Cara Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat Menurut Medis

1. Segerakan Berbuka

Semakin lama menunda untuk makan atau minum, padahal sudah waktunya berbuka, semakin besar pula risiko kamu mengalami badan lemas dan dehidrasi.

2. Berbuka dengan yang Manis Alami

Akan lebih baik jika kamu memilih makanan dengan rasa manis alami, seperti kurma atau jus buah yang tidak asam, tidak bersuhu dingin, dan pastinya tanpa gula. Keduanya merupakan alternatif asupan berbuka yang sehat. karena dapat mengembalikan kadar gula darah ke rentang normal.

3. Makan dengan Perlahan

Makanlah dengan perlahan dan bertahap. Kunyah makananmu hingga halus sempurna agar pencernaanmu tidak “kaget”. Menelan makanan tanpa dikunyah hingga halus juga membuat pencernaan bekerja lebih berat.

4. Hindari Porsi Terlalu Besar

Jangan menyantap hidangan berbuka terlalu banyak. Istirahatkan perut kamu setelah berbuka dengan menunaikan ibadah salat terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan menyantap hidangan utama.

5. Makan dengan Gizi Seimbang

Untuk makan malam, konsumsilah menu sehat dengan komposisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral, agar kebutuhan gizi harian harus tetap dipenuhi demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan

Konsumsilah cairan dalam jumlah cukup, yakni 1,5–2 liter atau sekirtar 8 gelas sehari.  Kamu bisa memenuhi kebutuhan ini dengan minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas ketika sahur.

7. Momen Berbuka bukan Ajang Balas Dendam

Kamu bisa mengalami gangguan pencernaan, seperti perut kembung, konstipasi atau sembelit, heartburn, sakit perut, dan lainnya, jika berbuka secara berlebihan.

Source: klikdokter.com

 

 

 -