Penyuluhan Diet Diabetes Melitus Instalasi Gizi dan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau

RSUD Kota Padang Panjang - Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit Penyuluhan Gizi "Diet Diabetes Melitus" oleh Instalasi Gizi Hilderia Haloho, S.ST bersama mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau, penyuluhan ini di adakan di ruang tunggu pendaftaran RSUD Padang Panjang

   

Diabetes Melitus merupakan penyakit menahun yang ditandai dengan kadar gula darah melebihi normal akibat kelainan kerja pada insulin, sehingga terjadi penumpukan karbohidrat dalam bentuk glukosa yang mengakibatkan peningkatan gula dalam darah.

Diet diabetes melitus disebut juga terapi gizi medis. Tujuannya adalah membantu penyandang diabetes memperbaiki kebiasaan makan dan olahraga untuk mendapatkan kontrol metabolik yang baik.

Prinsip pengaturan makan pada penyandang diabetes yaitu makanan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan kalori dan zat gizi.

   

Diet diabetes melitus (DM) dengan aturan 3 J
1. JUMLAH : jumlah makanan yang dikonsumsi yang tepat bagi para penderita diabetes melitus merupakan hal penting agar sesuai dengan berat badan penderita
2. JENIS : jenis makanan yang dikonsumsi juga harus disesuaikan, karena penderita diabetes melitus harus menghindari makanan-makanan yang tinggi kadar gula.
3. JADWAL : jadwal makan yang sesuai bagi para penderita diabetes melitus adalah 3x makan utama serta 2-3x makanan selingan dengan porsi kecil.

   

Penyakit DM bisa mengancam siapa saja, bukan hanya orang yang memiliki riwayat penyakit turunan. Namun pada orang-orang yang tidak mau menjaga kesehatannya dengan baik.

Diabetes Melitus menjadi penyakit yang banyak dialami masyarakat dunia, sebagian besar DM menyebabkan komplikasi pada organ penting lainnya yang berujung pada kematian.

   

 -